UMKM Mekar

Bantuan UMKM Mekar 2022 Bantu Pulihkan Usaha Anda!

Bantuan UMKM Mekar atau biasa disebut dengan BLT UMKM PNM Mekar ini merupakan program bantuan UMKM yang diprioritaskan dan diusulkan oleh Kemenkop (Kementerian Koperasi dan UKM). Anda yang ingin mengajukan bantuan, Anda bisa mengajukan ke UMKM Mekar karena terbukti memiliki bunga yang rendah. UMKM Mekar ini bekerjasama dengan BNI sehingga untuk pembayaran dilakukan melalui banpresbpum.id. Sedangkan untuk mengecek bantuan Koperasi Mekar bisa dilakukan melalui eform.bri.co.id/bpum.

Syarat Pengajuan UMKM Mekar

Mengingat ini adalah bantuan yang Anda ajukan melalui bantuan Koperasi Mekar, maka ada beberapa syarat yang perlu Anda lengkapi. Anda tidak perlu khawatir karena syarat yang diminta tidaklah susah. Syarat tersebut bisa dengan mudah Anda penuhi supaya bantuan UMKM Mekar yang Anda ajukan bisa dengan mudah diloloskan. Sehingga, dana tunai yang dicairkan ke rekening Anda, dapat Anda gunakan untuk pembiayaan usaha Anda pendaftaran bansos UMKM 2022

Adapun syarat yang perlu Anda penuhi untuk mengajukan bantuan UMKM Mekar antara lain; pastikan Anda bukan termasuk anggota TNI (Tentara Nasional Indonesia), Polri (Polisi Republik Indonesia), atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). Nama Anda juga tidak terdaftar menjadi penerima bansos tunai dari Kemensos (Kementerian Sosial). Anda adalah seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan memiliki Nomor Induk KTP. Dan terakhir, Anda memiliki usaha mikro milik pribadi baik berada di satu wilayah dengan Anda tinggal. Intinya, Anda bisa membuktikan bahwa Anda memiliki usaha baik dengan surat usaha atau NIB. 

Jika syarat yang diminta sudah Anda penuhi, Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya dengan mengikuti cara pengajuan UMKM Mekar di bawah ini. 

Cara Pengajuan UMKM Mekar 2022

Usaha Anda sedang butuh pembiayaan? Anda tidak perlu khawatir karena sekarang ada Koperasi Mekar BUMN yang akan membantu Anda mengatasi masalah keuangan dalam usaha Anda. Koperasi Mekar PNM ini menyediakan bantuan UMKM Mekar yang bisa Anda dapatkan setelah memenuhi syarat berikut. Adapun syarat yang perlu Anda penuhi supaya lolos cara pengajuan UMKM Mekar antara lain sebagai berikut.

Anda perlu menyiapkan berkas dokumen berupa FC SKU atau NIB dari kelurahan atau Kepala Desa, FC Kartu Keluarga (KK), juga FC KTP. Selanjutnya, Anda perlu melengkapi formulir yang meminta data Anda mengenai jenis usaha, nomor pribadi, alamat dan nama lengkap sesuai KTP, jenis kelamin, tanggal lahir, NIK, dan nomor KK.

Setelah seluruh syarat di atas Anda lengkapi, Anda bisa mengajukan bantuan UMKM Mekar dengan mendatangi secara langsung kantor Koperasi Mekar PNM yang ada di sekitar Anda. Jika Anda hendak mengajukan secara online, sebaiknya Anda konfirmasi terlebih dahulu dengan pihak Koperasi Mekar BUMN

Mengecek Bantuan UMKM Mekar

Anda sudah memenuhi syarat yang diminta? Sudah. Anda sudah mengikuti cara pengajuan UMKM Mekar sesuai prosedur? Sudah. Baiklah. Selanjutnya, Anda perlu tahu apakah nama Anda termasuk ke dalam penerima bantuan UMKM Mekar atau tidak. Cara mengetahui apakah Anda menerima bantuan Mekar UMKM atau tidak pun cukup mudah. Anda bisa melakukannya hanya dengan menggunakan HP Andorid dan koneksi internet yang stabil. Siapkan pula Nomor Induk KTP dan Nomor Kartu Keluarga Anda karena Anda akan diminta mengisikannya di kolom yang disediakan.

Untuk mengetahui apakah Anda penerima bantuan UMKM Mekar atau tidak, berikut beberapa langkah yang perlu Anda tempuh.

Pertama, Anda terlebih dahulu masuk ke laman banpresbpum.id atau bisa juga Anda mengakses situs bri.co.id/bpum.

Kedua, lihat Nomor Induk KTP dan Nomor Kartu Keluarga yang tadi sudah Anda siapkan dan isikan ke kolom yang sudah disediakan.

Langkah ketiga untuk mengetahui apakah nama Anda termasuk sebagai penerima UMKM Mekar atau tidak, Anda isikan kode yang pada kolom yang tersedia.

Terakhir, Anda klik “Cari”. Tunggu beberapa saat dan layar Anda akan menampilkan apakah nama Anda masuk sebagai penerima bantuan Koperasi Mekar atau tidak.

Jika tidak, namun Anda pantas untuk mendapatkan, Anda bisa hubungi Kantor Mekar PNM di kota Anda.