UMKM BRI

Pinjaman UMKM BRI 2022: Cara Daftar dan Cek UMKM BRI

UMKM BRI 2022 mulai menjadi incaran para pelaku usaha kecil menengah lantaran tidak sedikit dari mereka yang membutuhkan pinjaman UMKM BRI untuk menompang usaha mereka di tengah Pandemi Covid-19. Anda yang berhak mendapatkan UMKM Bank BRI pun bisa mendaftarkan usaha Anda melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM). Ingin tahun infromasi selengkapnya mengenai UMKM BRI, yuk, cek informasi di bawah ini!

Pinjaman UMKM BRI

Bagi Anda yang belum berkesempatan mendapatkan bantuan BRI UMKM, namun Anda membutuhkan dana untuk menambah modal usaha Anda, BRI menyediakan pinjaman UMKM BRI yang disebut KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Anda bisa mengajukan pinjaman KUR BRI secara online maupun offline. Jika secara offline, Anda cukup mendatangi kantor Bank BRI dengan membawa syarat yang ditentukan. Namun, jika Anda hendak mengajukan pinjaman UMKM BRI secara online, Anda bisa mengunjungi laman kur.bri.co.id. 

Ikuti langkah-langkah pengajuan KUR BRI dengan mengelangkapi syarat-syaratnya. KUR BRI menyediakan plafon pinjaman hingga Rp 100 juta dengan tenor yang cukup panjang. Dengan demikian, Anda bisa mengajukan pinjaman UMKM BRI melalui KUR BRI.

Cara Daftar UMKM BRI

Supaya Anda terdaftar di UMKM BRI, Anda perlu mengusulkan usaha Anda ke Dinas Koperasi Usaha kecil Menangah (Kadiskop UKM) di tempat Anda tinggal. Untuk pendaftaran ini, cara daftar UMKM online belum bisa dilakukan secara online karena Anda perlu mendatangi Kantor Kadiskop UKM setempat. Adapun dokumen yang perlu Anda bawa saat mendaftar BRI UMKM di Kadiskop UKM antara lain bantuan UMKM:

Membawa nomor Kartu Keluarga (KK), KTP Elektronik, Nama lengkap alamat sesuai KTP, serta nomor kontak pribadi Anda dan nomor kontak usaha Anda. 

Setelah Anda mengajukan, Anda tinggal menunggu dan ketika jadwal pencairan UMKM BRI, Anda bisa melakukan cek UMKM BRI. Untuk pendaftaran UMKM BRI 2022, terakhir pada 31 Agustus 2022. Untuk itu, Anda perlu mengajukan sebelum 31 Agustus 2022 dan bagi Anda yang sudah daftar UMKM BRI, Anda bisa cek UMKM BRI di website eform.bri.co.id/bpum.

Cara Mengecek UMKM BRI

Anda yang sudah daftar UMKM BRI, bisa langsung melakukan cek UMKM BRI dengan mengikuti cara mengecek UMKM BRI berikut ini.

Pertama, Anda perlu masuk ke website eform.bri.co.id/bpum dengan mengisikan nomor KTP Anda. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan kode verifikasi yang bisa Anda isikan di kolom kode verifikasi yang tersedia. Lalu, tekan “Proses Inquiry” dan layar akan menampilkan pemberitahuan apakah nama Anda termasuk sebagai penerima UMKM BRI atau tidak.

Bagaimana Mencairkan UMKM BRI?

Anda bisa mencairkan UMKM BRI jika Anda lolos sebagai penerima UMKM BRI. Setelah Anda mengunjungi laman eform.bri.co.id/bpum dan dinyatakan bahwa Anda termasuk ke dalam penerima bantuan BRI UMKM, Anda akan diarahkan menuju halaman reservasi. 

Setelah Anda tiba di halaman reservasi, Anda akan diminta mengisi kolom isian yang berisi data alamat lengkap melingkupi Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, Nomor KTP, jadwal antrean dan unit kerja. Selanjutnya, akan muncul kode verifikasi dan masukkan pada kolom kode verifikasi. Di halaman berikutnya, Anda akan mendapatkan nomor referensi untuk Anda simpan kemudian. 

Selanjutnya, untuk pencairan bantuan BRI UMKM, Anda perlu datang ke UKO sesuai jadwal yang sudah Anda pilih dengan membawa nomor refrensi sebagai bukti reservasi. Kemudian masukkan nomor KTP dan reservasi kembali. Ikuti langkah-langkahnya dan Anda akan mendapatkan pencairan UMKM BRI sebesar Rp 1.2 juta.

Syarat Mendapatkan UMKM BRI

Lalu, apa saja syarat mendapatkan bantuan UMKM BRI? Untuk mendapatkan UMKM Bank BRI, setidaknya Anda memenuhi beberapa poin di bawah ini.

Pertama, Anda adalah penerima bantuan UMKM BRI sebelumnya.  Anda termasuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki usaha mikro dan tidak menerima KUR. Anda juga memiliki bukti bahwa Anda adalah calon penerima bantuan BRI UMKM. Usaha yang Anda jalankan sudah terdaftar di Kadiskop UKM. Anda juga bukan termasuk Anggota TNI, Kepolisian, Aparatus Sipil Negara, atau pegawai BUMD atau BUMN.