Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Ajukan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan 2021 Banyak Keuntungan

Mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan adalah sebuah keberuntungan tersendiri bagi Anda. Sebab, koperasi yang mengusung slogan kekeluargaan akan mengutamakan anggotanya dalam masalah pembiayaan. Untuk itu, supaya Anda bisa bisa mengajukan pinjaman uang tunai jaminan di koperasi, Anda perlu menjadi anggota koperasi terlebih dahulu. Untuk informasi selengkapnya mengenai cara pinjam uang di koperasi tanpa jaminan, simak infromasi di bawah ini!

Mengajukan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Anda yang hendak mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan, sebenarnya caranya pun cukup mudah. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak syarat setelah menjadi anggota. Sebab, setelah mendapatkan SHU sebagai anggota koperasi, Anda bisa langsung mengajukan pinjaman uang tunai tanpa jaminan di koperasi BRI pinjaman online.

Cara pinjam uang di koperasi tanpa jaminan juga mudah dan perlu Anda lakukan secara offline. Sebab, tidak semua koperasi menyediakan layanan pinjaman berbasis online. Sehingga, jika Anda hendak mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan, Anda perlu mencari koperasi tanpa jaminan yang memberikan layanan pinjaman online.

Untuk cara pinjam uang di koperasi tanpa jaminan, Anda perlu menyerahkan seluruh berkas persyaratan dan dokumen yang Anda siapkan setelah tiba di kantor koperasi simpan pinjam terdekat tanpa jaminan di kota Anda. Sekadar informasi, untuk mengajukan pinjaman, Anda harus mendatangi koperasi simpan pinjam tanpa jaminan karena tidak semua koperasi menyediakan layanan pinjaman dan tidak semua koperasi memberikan pinjaman tanpa jaminan.

Lalu, presentasikan proposal yang Anda buat ke pihak koperasi tempat Anda terdaftar sebagai anggota. Selanjutnya, proposal tersebut akan diperiksa dan dipertimbangkan oleh pengurus koperasi. Jika proposal Anda disetujui, maka kesepakatan akan dibuat antara Anda dan pengurus koperasi untuk kemudian dilakukan pencairan dana.

Jenis Koperasi Tanpa Jaminan

Di atas disebutkan bahwa hanya koperasi simpan pinjam saja bisa melayani pinjaman koperasi tanpa jaminan. Ya, benar sekali. Sebab, di Indonesia ini terdapat banyak jenis koperasi yang memiliki fungsinya masing-masing. Sehingga, Anda perlu mengenal berbagai jenis koperasi supaya tidak salah masuk saat Anda hendak mengajukan pinjaman uang tunai tanpa jaminan di koperasi.

Adapun jenis-jenis koperasi di Indonesia antara lain:

  • Koperasi konsumsi; koperasi yang menjual semua kebutuhan primer untuk sehari-hari.
  • Koperasi produksi; koperasi yang memasarkan barang-barang yang dibuat oleh anggotanya.
  • Koperasi serba usaha; koperasi yang bergerak di berbagai lini ekonomi sebagai contoh ada pada bidang konsumsi, produksi, pertokoan dan lain-lain
  • Koperasi pemasaran; koperasi yang membantu anggotanya untuk mendistribuksikan jasa atau barang yang dihasilkan oleh anggotanya.
  • Koperasi simpan pinjam; koperasi yang melayani pinjaman dan bisa juga untuk menabung bagi para anggotanya.

Syarat Pinjam Uang di Koperasi Tanpa Jaminan

Setelah mengetahui jenis-jenis koperasi di atas, sekaligus mengetahui beberapa cara untuk mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan, Anda tentunya juga perlu tahu apa saja syarat pinjam uang di koperasi tanpa jaminan

Pertama, pastikan Anda sudah terdaftar sebagai seorang anggota yang berada pada koperasi tersebut.

Kedua, pastikan Anda melengkapi dokumen-dokumen persyaratan yang meliputi fotokopi KTP, NPWP bagi Anda yang mengajukan pinjaman di atas Rp 50 juta, Kartu Keluarga, rekening listrik, serta buku pensiun bagi Anda yang berstatus sebagai pensiunan.

Ketiga, Anda perlu mengisi formulir pengajuan pinjaman yang diberikan pihak koperasi. Isi data dalam formulir selengkap mungkin supaya saat saat dipertimbangkan, pengurus koperasi bisa meloloskan pengajuan pinjaman koperasi tanpa jaminan.

Keempat, Anda perlu membuat proposal yang berisikan tujuan Anda mengajukan pinjaman uang tunai tanpa jaminan di koperasi. Pihak koperasi akan sangat mempertimbangkan jika proposal yang Anda ajukan berisi tentang usaha Anda yang sedang membutuhkan pembiayaan. Sehingga pinjaman uang tunai tanpa jaminan di koperasi yang dipinjamkan kepada Anda bermanfaat untuk membangun usaha Anda.

Kelima, di nominal tertentu, koperasi akan meminta aminan untuk pinjaman Anda. Namun, koperasi yang menjunjung tinggi nilai kekeluargaan dan kesejahteraan anggotanya, akan mendiskusikan kepada Anda terlebih dahulu mengenai surat jaminan tersebut. Termasuk saat pencairan dan jangka waktu pinjaman pun akan didisukusikan dengan Anda hingga terjadi kesepakatan bersama.