Kartu Debit Mastercard

Mengenal Kartu Debit Mastercard

Berkembangnya sistem keuangan yang mulanya hanya berdasarkan barter saat membeli barang kemudian hadirlah uang. Uang menjadi satu-satunya alat transaksi yang dipercaya sejak berakhirnya metode barter. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman sekarang, penggunaan uang sudah bisa diganti dengan menggunakan alat ganti berupa kartu baik kartu debit maupun kredit untuk membayar belanjaan Anda. Meski sistem ini belum sepenuhnya merata di segala penjuru bumi, akan tetapi sudah banyak digunakan terutama di toko-toko besar atau supermarket yang menunjang pembayaran menggunakan kartu. 

Adapun kartu yang bisa digunakan untuk membayar belanjaan seperti kartu debit Mastercard, kartu debit visa dan kartu debit GPN dan berbagai jenis kartu kredit. Kemudahan tersebut tentunya sangat menguntungkan bagi mereka yang berhasil mengikuti perkembangan teknologi finansial yang ada, sedangkan yang masih menggunakan cara lama dengan uang belum.sepenuhnyan bisa merasakan karena masih repot membawa uang dalam jumlah banyak untuk transaksi. 

Kartu debit Mastercard merupakan suatu jenis kartu yang memberikan layanan dapat digunakan untuk berbelanja. Kartu ini merupakan kartu ajaib yang bisa digunakan untuk transaksi pembelian baik di dalam maupun luar negeri. Begitupun dengan kartu debit visa. Dengan sebutan kartu debit martercard bukan berarti nama kartu tersebut adalah Mastercard akan tetapi kartu debit dari suatu bank yang terdapat logo berwarna hitam dengan tulisan Mastercard kartu debit CIMB Niaga

Biasanya kartu ini banyak digunakan di negara Eropa dan sekitarnya karena merupakan kerjasama dengan negara amerika dan sekitarnya. Sedangkan untuk kartu visa lebih banyak digunakan di negara Asia. Sedangkan apabila digunakan di Indonesia maka akan dikenakan pajak sekitar 1% – 2% dari jumlah total belanja Anda. Hal ini tentu sangat disayangkan apalagi jika dana tersebut dibayarkan di luar negeri. Bukannya masuk ke kas negara tetapi malah masuk ke kas negara lain. Pastinya amat sangat disayangkan.

Bagaimana Perbedaan Kartu Debit Mastercard dan GPN

Jika sebelumnya membahas perbedaan antara kartu debit Mastercard dengan visa kini Anda perlu mengetahui perbedaan Mastercard dan GPN. Pada dasarnya bedanya Mastercard dan GPN keduanya sama-sama kartu debit yang biaa digunakan untuk transaksi pembayaran, bisa juga dijadikan untuk membayar tagihan melalui mesin ATM. Akan tetapi yang membedakan antara keduanya adalah untuk kartu Mastercard bisa diakses didalam maupun di luar negeri sedangkan untuk kartu GPN hanya bisa digunakan di dalam negeri. Sebenarnya sudah pernah diajukan di luar negeri namun mendapat respon yang kurang baik dari pemilik kartu Mastercard, oleh sebab itu hingga saat ini penggunaan kartu GPN masih berlaku di dalam negeri saja. Selain itu, pajak atau biaya yang dikenakan antara GPN dan Mastercard lebih murah GPN. Yang lebih menyenangkan lagi dana tersebut akan masuk ke kas negara sehingga bisa kembali kepada rakyat Indonesia. perbedaan kartu ATM BCA GPN dan Mastercard tersebut sayangnya tidak banyak diketahui sehingga masih banyaj yang memilih menggunakan Mastercard daripada GPN. 

Tips dan Cara Mengaktifkan Mastercard BRI

Apabila sebelumnya Anda hanya memiliki kartu debit biasa dan ingin mengupgrade menjadi kartu debit Mastercard, maka caranya sangat mudah akan tetapi sejauh ini belum bisa dilakukan secara online karena peelu dilakukan penukaran kartu antara nasabah dan pihak bank. Adapun cara mengganti kartu debit bni Mastercard bisa Anda lakukan di kantor cabang bank terdekatz pastikan sesuaikan dengan bank yang Anda gunakan agar tidak salah alamat. Untuk berkas yang perlu dibawa antara lain KTP asli sebagai kartu pengenal Anda, kemudian buku rekening dari kartu debit yang akan ditukarkan dan kartu debit tersebut. 

Anda juga bisa membawa uang apabila ingin menambah saldo kartu Anda secara manual melalui teller bank. Setelah siap, maka selanjutnya silahkan menuju kantor cabang terdekat lalu mengambil.nomor antrian pada bagian customer service. Jika sudah dipanggil angka Anda, langsung duduk di tempat yang dipersilahkan dan sampaikan maksud Anda. Biasanya tidak membutuhkan waktu lama untuk pergantian kartu ini hanya saja membutuhkan kesediaan untuk menunggu antrian serta mendatangi cabang bank terdekat.