Daftar UMKM

DAFTAR UMKM Via HP 2021 Mudah!

UMKM adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang pada 2021 ini pemerintah menggulirkan dana bantuan UMKM bagi para pelaku usaha untuk membantu usaha mereka. Untuk bisa daftar UMKM, Anda sebagai pelaku usaha diharuskan memilik NIB. Caranya pun tidak sulit. Anda bisa melakukan daftar BLT UMKM online untuk bisa memilik NIB sehingga usaha Anda layak untuk diajukan didanai oleh bansos UMKM.

Daftar UMKM NIB Via HP

Anda bisa melakukan pendaftaran NIB melalui situs oss.go.id. Dengan terdaftarnya usaha Anda dan memiliki NIB kemudian, maka Anda bisa mengajukan BLT UMKM. Untuk mendaftarkan usaha Anda supaya memiliki NIB, berikut langkah-langkah yang perlu Anda tempuh.

Pertama, Anda perlu mengakses laman oss.go.id. Lalu lihat ke pojok kanan dan pilih “Daftar Masuk”, dan pilih “Dafar”. Maka, Anda akan diarahkan ke formulir registrasi. Selanjutnya, Anda perlu mengisi fromulir registrasi tersebut supaya Anda bisa mengajukan bantuan UMKM.

Jika sudah, centang pada kotak disclaimer yang disediakan dan tekan “Submit”.  Pastikan email yang Anda daftarkan aktif karena Anda perlu melakukan aktivasi akun OSS Anda melalui email. Setelah melakukan aktiviasi, maka akun OSS Anda sudah aktif dan Anda bisa melakukan langkah selanjutnya cara mendaftar bantuan UMKM.

Anda perlu masuk lagi ke oss.go.id melalui HP Anda untuk bisa melanjutkan pendaftaran NIB. Jika sudah, Anda ikuti langkah-langkah selanjutnya sampai NIB dan rincian usaha Anda muncul di halaman terakhir. Saat NIB dan rincian data Anda sudah muncul, maka Anda sudah siap untuk mendaftarkan usaha Anda supaya mendapatkan bantuan UMKM.

Cara Daftar UMKM di Dinas Koperasi dan UKM

Anda menginginkan bisa daftar BLT UMKM online? Sayangnya, pengajuan BLT UMKM ini belum bisa dilakukan secara online. Hal ini dikarenakan Anda perlu membawa berkas-berkas Anda ke Dinas Koperasi dan UKM yang berada di wilayah Anda. Jadi, pengajuan bansos UMKM hanya bisa Anda lakukan secara offline. Barulah, jika Anda hendak mengecek BLT UMKM, Anda bisa melakukannya secara online.

Untuk mengajukan BLT UMKM ke Dinas Koperasi dan UKM di wilayah Anda, Anda perlu memenuhi syarat berikut. Pastikan Anda memiliki KTP sebagai bukti bahwa Anda adalah Warga Negara Indonesia. Anda memiliki usaha mikro yang bisa dibuktikan dengan surat izin usaha atau NIB. Nah, di sinilah gunanya NIB yang Anda daftar di awal.

Dengan memiliki NIB, Anda sudah terbukti memiliki usaha yang layak untuk didaftarkan sebagai penerima bantuan UMKM.  Oleh karena itu, Anda perlu menyimpan draft rincian yang Anda dapatkan setelah proses mendaftarkan NIB.

Terakhir, Anda bukan termasuk Anggota Kepolisian, TNI (Tentara Nasional Indonesia), ASN (Aparatur Sipil Negara), serta bukan pegawai BUMD atau BUMN.

Cara Mengecek BLT UMKM Via HP

Jika Anda sudah melakukan pendaftaran NIB dan mengajukan berkas Anda ke Dinas Koperasi dan UKM setempat, maka Anda perlu mengetahui cara mengecek BLT UMKM. Sebab, biasanya Dinas Koperasi dan UKM tidak memberikan pemberitahuan secara langsung kepada Anda. Untuk itu, Anda perlu mengetahui sendiri apakah Anda diterima sebagai penerima bantuan UMKM atau tidak.

Cara mengecek BLT UMKM pun cukup mudah. Anda bisa melakukannya melalu Android Anda dan hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil. Selanjutnya, Anda tinggal mengunjungi laman eform.bri.co.id atau di http://banprespum.id

Isikan NIK Anda pada kolom yang sudah disediakan , lalu masukkan jawaban pada proses verifikasi Iquiry Proses. Selanjutnya, layar Anda akan menampilkan informasi apakah Anda termasuk ke dalam penerima BLT UMKM. Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda mengikuti cara mengecek BLT UMKM dengan laman eform.bri.co.id.

Namun, jika Anda mengikuti cara mengecek BLT UMKM melalui http://banprespum.id, setelah Anda mengunjungi laman tersebut, Anda juga akan diminta mengisikan nomor KTP. Selanjutnya, Anda bisa memilih menu “Pilih Cari”.

Jika sudah, maka tunggu beberapa saat dan layar akan menampilkan informasi apakah Anda termasuk ke dalam penerima bantuan UMKM atau tidak.

Bagaimana, mudah bukan? Anda hanya cukup melalukan secara online melalui HP Android Anda!