BLT UMKM

BLT UMKM, Pahami Syarat dan Proses Pengecekannya

Salah satu bantuan yang diberikan pemerintah adalah BLT UMKM. Bantuan yang diberikan ini dikhususkan bagi masyarakat yang memiliki UMKM. Sehingga mereka bisa lebih mengembangkan usahanya lebih baik lagi. Uang yang diberikan dari BLT UMKM BRI ini berguna untuk menambah modal usaha dan juga perputaran uangnya. Jadi usaha yang dijalankan bisa lebih luas dan tentunya berkembang lebih baik bantuan UMKM Mekar

BLT UMKM, Kenali Kriteria untuk Pengajuannya

Dalam pelaksanaan BLT UMKM ini Anda wajib tahu kalau bantuan ini membutuhkan beberapa kriteria khusus sebagai berikut:

  • Memiliki KTP

Kriteria pertama untuk bisa mengajukan BLT UMKM ini adalah harus memiliki KTP aktif. Anda bisa mengajukan BLT UMKM online ini ketika memiliki KTP yang masih berlaku, siapkan dalam bentuk asli maupun salinannya. Hal ini bertujuan untuk jaga-jaga sewaktu-waktu ketika dibutuhkan. 

  • Warga biasa

Kriteria kedua untuk bisa pengajuan BLT UMKM ini adalah seorang warga biasa. Bagi yang tergabung dalam pegawai BUMN, BUMD, TNI/POLRI, serta aparatur negara. Pemohon yang bisa mengajukan bantuan ini adalah warga biasa yang memiliki usaha mikro sedang berkembang. 

  • Tidak sedang mendapat bantuan lainnya

Kriteria ketiga untuk mendapatkan BLT UMKM ini adalah pemohon tidak sedang mendapatkan bantuan KUR lainnya. Cara mengecek BLT UMKM ini sangat bergantung dengan kondisi keuangan dan bantuan apa saja yang didapatkan. Jadi pemerintah memang mengutamakan warga yang belum mendapatkan bantuan dalam bentuk apapun. 

  • Punya usaha mikro

Syarat kriteria keempat untuk bisa dapat BLT UMKM adalah warga yang memiliki usaha mikro sedang berjalan. Usahanya harus yang sudah berjalan paling tidak mampu memproduksi barang dengan lancar. Biasanya pihak BPUM akan melampirkan surat rekomendasi bagi usaha mikro yang berhak mendapatkan bantuannya. 

  • WNI 

Syarat kriteria kelima yang tidak kalah penting untuk pengajuan BLT UMKM ini adalah harus WNI. Cara mengecek penerima UMKM ini dikhususnya bagi WNI asli yang dibuktikan dengan domisili KTP aslinya. 

Cara Mengecek Penerima Bantuan UMKM, Kenali Beberapa Tahapannya

Anda juga harus tahu bahwa pemberian bantuan BLT UMKM ini terdiri dari beberapa tahapan yang perlu dipahami sebagai berikut:

  • Tahapan pertama

Gelombang atau tahapan pertama penerima BLT UMKM ini diadakan pada bulan Juli. Sasarannya mencapai 1 jutaan lebih orang yang berhak mendapatkan bantuan BLT UMKM ini. Jumlah dana yang didapatkan sekitar 1 jutaan lebih untuk setiap pelaku usaha yang mendapatkannya. 

  • Tahapan kedua

Tidak hanya berhenti pada gelombang pertama Juli saja, namun BLT UMKM ini akan berlanjut pada tahapan kedua yakni pada bulan Agustus. Pada fase kedua ini sekitar 1 jutaan pelaku usaha akan mendapatkan bantuannya. Besaran bantuan yang diberikan juga masih sama sekitar 1 jutaan lebih untuk setiap pelaku usahanya. 

  • Tahapan ketiga

Tahapan berikutnya akan meluncur pada bulan September untuk BLT UMKM. BLT UMKM tahap 3 ini akan diberikan pada skeitar 500 ribuan pelaku usaha seluruh Indonesia. Sementara pembagian bantuannya tetap adil sekitar 1 jutaan lebih sama seperti jumlah pembagian sebelumnya. 

BRI BLT UMKM, Dampaknya Sangat Besar

Meskipun terkesan sederhana namun BLT UMKM ini nyatanya mampu memberikan dampak cukup besar untuk pelaku usaha sebagai berikut:

  • Menstabilkan ekonomi

Dampak pandemi ini ternyata membuat ekonomi nasional menjadi menurun. Disebabkan banyaknya pelaku usaha yang gulung tikar. Dengan adanya BLT UMKM dan cara pengajuan ini diharapkan ekonomi menjadi lebih stabil lagi. 

  • Pemenuhan kebutuhan

Tidak bisa dipungkiri bahwa pemenuhan kebutuhan juga diperlukan untuk masayarakat dari UMKM mikro. Dengan adanya BLT UMKM dan syarat yang mudah maka masyarakat tetap dipenuhi kebutuhannya. 

  • Lapangan pekerjaan

Dampak yang lebih besar dari pemberian BLT UMKM ini adalah adanya lapangan pekerjaan untuk banyak orang. Usaha yang berkembang tentu membutuhkan pekerja lebih banyak sehingga membuka lowongan pekerjaan yang lebih banyak tentunya.  Dengan adanya BLT UMKM tahun 2022 ini membuat pelaku usaha menjadi lebih semangat untuk menjalankan usahanya. Dana yang diberikan bisa untuk menambah modal dan perputaran uang lebih baik.