Bantuan UMKM

Bantuan UMKM BRI 2021

Bantuan UMKM menjadi bantuan yang paling dicari memasuki tahun 2021. Terlebih, di tengah Covid-19 yang tidak kunjung selesai, banyak pengusaha yang terpaksa menutup usahanya atau merumahkan pegawainya. Untuk itulah, daftar bantuan UMKM adalah yang paling dicari informasinya. Terlebih, jika ada pelaku usaha yang usahanya layak untuk mendapatkan dana bantuan UMKM 2021

Keuntungan Bantuan UMKM 

Anda yang mendapatkan bantuan UMKM, sangatlah beruntung. Meskipun dana bantuan UMKM jumlahnya tidak melangit, namun banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai penerima bantuan UMKM. Banyak orang di luar sana yang mencari informasi mengenai cara mendaftar bantuan UMKM karena usaha mereka yang memang butuh pembiayaan. 

Sejumlah keuntungan mendapatkan bantuan UMKM antara lain; bantuan UMKM bisa Anda gunakan sebagai pembiayaan usaha yang mungkin sedang macet produksi. Bantuan UMKM juga bisa Anda gunakan untuk menggaji pegawai yang mungkin karena kondisi usaha di tengah Pandemi Covid-19, Anda terpaksa menunda gaji pegawai. 

Di tengah Pandemi Covid-19, tidak sedikit pelaku usaha yang melakukan cicilan terhadap gaji pegawainya. Nah, Anda yang mendapatkan bantuan UMKM ini, tentunya bisa menutup kekuranang gaji pegawai Anda.

Keuntunga lain dengan mendapatkan bantuan UMKM, Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk membeli kebutuhan yang diperlukan supaya usaha Anda tetap berputar. Dengan sejumlah keuntungan mendapatkan bantuan UMKM tersebut, maka tak heran jika banyak orang kemudian mencari tahu cara daftar UMKM.

Daftar Bantuan UMKM dengan NIB

Sebelum daftar bantuan UMKM pemerintah, Anda perlu memiliki NIB terlebih dahulu. NIB tersebut bisa Anda buat melalui laman oss.go.id. Anda cukup mengikuti langkah-langkah di laman tersebut untuk cara daftar BLT UMKM online. Ikuti langkah-langkahnya sampai Anda mendapatkan rincian draft yang berisikan daftar usaha Anda, nama dan alamat usaha Anda hingga NIB. 

Setelah memiliki NIB, Anda bisa datang ke Dinas Koperasi dan UKM di kota Anda untuk mengikuti cara daftar BLT UMKM. Untuk bantuan UMKM, Anda tidak bisa melakukannya secara online karena Anda harus mendatangi langsung Dinas Koperasi dan UKM. Selain NIB, Anda juga perlu membawa e-KTP sebagai bukti bahwa Anda seorang WNI. 

Selanjutnya, Anda tidak boleh berprofesi sebagai pegawai BUMN atau BUMD, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga Anggota Kepolisian. Dengan memenuhi syarat yang diajukan untuk daftar bantuan UMKM, maka Anda memiliki peluang lebih besar untuk lolos sebagai penerima bantuan UMKM pemerintah.

Terlebih, dana yang digulirkan pemerintah ini diperuntukkan bagi 12.8 juta penerima bantuan UMKM. Tentu ini bukan jumlah yang sedikit. Jika usaha Anda layak untuk mendapatkannya, Anda bisa mencoba mengajukan bantuan UMKM tersebut.

Cara Daftar UMKM BRI

Mendapatkan bantuan UMKM dari pemerintah tentunya bukan hal yang mudah mengingat banyak pesaing yang harus Anda hadapi. Seandainya Anda ingin tetap mencobanya pun tidak masalah. Namun, jika Anda sudah pernah mencoba dan nama Anda belum masuk daftar bantuan UMKM sebagai penerima, Anda bisa mengajukan bantuan UMKM melalui  BRI.

Bantuan UMKM dari BRI ini berupa pinjaman tunai yang bisa Anda dapatkan melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat) tanpa agunan. Cara daftar bantuan UMKM online BRI pun cukup mudah dan bisa Anda lakukan melalui HP Android Anda. Anda cukup mengunjungi laman kur.bri.co.id untuk mengetahui cara daftar online bantuan UMKM BRI.

Bantuan UMKM dari BRI ini diperuntukkan bagi siapa saja yang memiliki usaha baik usaha yang memang sudah besar atau usaha kecil. Syarat yang dibutuhkan untuk mengikuti cara daftar UMKM BRI juga cukup mudah. Karena cara daftar UMKM BRI ini bisa dilakukan secara online, Anda cukup menyiapkan e-KTP dan rekening BRI, juga nomor kontak pribadi.

Biasanya, pihak BRI akan melakukan survei lapangan untuk memastikan bahwa Anda memiliki usaha untuk dibiayai. Jadi, bisa dikatakan bahwa jaminan bantuan UMKM BRI ini tak lain adalah usaha Anda itu sendiri. Selama Anda memenuhi persyaratan untuk dibiayai, bisa dipastikan pengajuan pinjaman bantuan UMKM BRI ini akan diloloskan.