Bansos UMKM

Ajukan Bansos UMKM 2021 Online

Cara daftar bansos UMKM saat ini bisa dilakukan secara online dan hanya menggunakan HP. Besar UMKM bansos yang akan Anda terima yakni Rp 1.2 juta yang langsung dicairkan melalui BRI. Sehingga, untuk pengecekan bansos UMKM BRI ini pun juga dilakukan melalu eform.bri.co.id/bpum. Jika Anda termasuk yang ingin mengajukan bansos UMKM online, Anda bisa ikuti info bansos UMKM berikut.

Bansos UMKM Usaha Mikro 2021

UMKM bansos disediakan bagi Anda yang memiliki UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dengan dana tunai sebesar Rp 1.2 juta. Penyaluran UMKM bansos ini dilakukan melalui dua bank, yakni Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI). 

Memasuki tahun 2021, pemerintah menyediakan dana senilai Rp 15.36 triliun untuk program bansos UMKM. Bansos UMKM dengan nilai sebesar itu akan ditargetkan untuk 1.5 juta jiwa penerima bansos UMKM. Tentu ini adalah jumlah yang fantastis. Untuk itu, jika Anda memiliki UMKM dan usaha Anda termasuk yang masuk dalam kategori pantas didanai, Anda bisa mengajukan pendaftaran bansos UMKM 2021

Anda yang saat ini belum terdaftar, Anda bisa mengajukan pendaftaran bansos UMKM untuk bulan September 2021 mendatang. Pada September 2021 nanti, bansos UMKM menampung kuota hingga 500 ribu penerima bb dengan besaran dana Rp 1.2 juta. Supaya Anda tidak ketinggalan, Anda bisa langsung ikuti cara daftar bansos UMKM di bawah ini bantuan BRI UMKM.

Cara Daftar Bansos UMKM 

Pada September 2021 mendatang, bansos UMKM akan kembali digelontorkan oleh pemerintah demi membantu pelaku UMKM di tengah Pandemi Covid-19 ini. Hanya saja, supaya terdaftar sebagai penerima, Anda perlu daftar bansos UMKM terlebih dahulu sehingga bulan September mendatang Anda bisa menerima UMKM bansos yang bisa Anda gunakan untuk usaha Anda.

Namun, sebelum Anda daftar bansos UMKM, ada beberapa syarat yang perlu Anda penuhi terlebih dahulu. Anda perlu memenuhi syarat ini supaya pengajuan bansos UMKM Anda bisa diloloskan mengingat Anda akan menghadapi banyak pesaing. Sebab, hanya usaha yang benar-benar pantas dan memenuhi syarat yang akan diberikan dana bansos UMKM.

Adapun syarat yang perlu Anda penuhi, Anda perlu terlebih dahulu mendaftarkan usaha Anda supaya memiliki NIB. Anda bisa mendapatkan NIB secara online melalui oss.go.id dan ikuti langkah-langkah yang ada di sana. Ikuti langkah-langkah untuk proses pembuatan NIB sampai Anda mendapatkan rincian draft yang memuat NIB, jenis usaha hingga alamat usaha Anda. Simpan draft tersebut sebagai bukti bahwa usaha Anda sudah terdaftar dan memiliki NIB.

Jika sudah memiliki NIB, maka Anda bisa mengajukan usaha untuk menerima bansos UMKM melalui Dinas Koperasi dan UKM terdekat di kota Anda. Ketika Anda pergi ke Dinas Koperasi dan UKM, Anda perlu membawa KTP untuk membuktikan bahwa Anda adalah seorang WNI (Warga Negara Indonesia) dan membuktikan bahwa Anda bukan termasuk Polri, TNI, Aparatur Sipil Negara (ASN), serta juga bukan pegawai BUMD atau BUMN. 

Jika dokumen tersebut sudah Anda ajukan ke Dinas Koperasi dan UKM, Anda tinggal menunggu sampai tahap pencairan bansos UMKM selanjutnya dan Anda bisa mengecek nama Anda apakah termasuk ke dalam penerima bansos UMKM online atau tidak.

Cek Penerima Bansos UMKM di Sini

Anda bisa melakukan pengecekan bansos UMKM BRI dengan membuka laman eform.bri.co.id/bpum, lalu input Nomor KTP, input kode yang tampil di layar dan tekan “Proses”. Maka, di layar akan menampilkan apakah nama Anda termasuk dalam penerima bansos UMKM BRI atau tidak.

Jika Anda termasuk ke dalam penerima bansos UMKM BRI, maka Anda bisa mencairkan bansos UMKM Anda dengan membawa kartu ATM, buku tabungan, kartu identitas (KTP), surat pernyataan bahwa Anda penerima bansos UMKM BRI, serta surat pernyataan bahwa Anda benar penerima bansos UMKM

Kemudian, Anda bisa mengunjungi Bank BRI terdekat dengan menunjukkan tanda bukti bahwa Anda penerima bansos UMKM BRI. Jika pihak bank sudah memverifikasi data Anda, maka bansos UMKM dicairkan ke rekening Anda.