Cara cek tagihan pdam lewat hp secara online dengan aplikasi cek tagihan pdam di 2021

Bagaimana Cara Cek Tagihan PDAM 2021?

Hari ini, sudah banyak masyarakat yang menggunakan PDAM. Bukan hanya yang tinggal di perumahan saja. Tetapi di pemukiman pendudukan sudah banyak yang menggunakan PDAM. Hanya saja, belum banyak yang tahu bahwa PDAM juga bisa dicek sebelum Anda melakukan pembayaran. juga tergolong mudah karena bisa Anda lakukan via HP. Lantas apa saja cara cek tagihan PDAM yang bisa dicoba? Berikut ulasannya!

Cek Tagihan PDAM Anda via Laman Website

Untuk cek tagihan air, Anda cukup menyediakan HP atau PC dan koneksi internet yang stabil. Sebab, tagihan PDAM ini adalah melalui laman website resmi PDAM. Jika Anda membuka situs website ini, akan ditampilkan tagihan PDAM Anda secara rinci.Berikut langkah yang bisa Anda coba untuk cek tagihan PDAM online.

Caranya, Anda tinggal bukan laman website PDAM sesuai daerah Anda tinggal. Selanjutnya, arahkan kursor Anda ke menu “Info Perkiraan Tagihan Pelanggan”. Jika sudah, cara cek tagihan PDAM via website dengan memasukkan Nomor ID Anda lalu tekan “Submit”. Maka, tagihan PDAM akan muncul di layar Anda. 

Aplikasi Cek Tagihan PDAM

Cara cek tagihan PDAM yang selanjutnya yaitu dengan menginstal aplikasi PDAM yang bisa Anda unduh melalui Google Play Store. Setelah aplikasi cek tagihan PDAM ini terpasang, Anda bisa langsung buka dan arahkan ke menu “Info Tagihan”. 

Isi beberapa data yang diminta seperti kabupaten dan kota tempat Anda tinggal, nomor sambungan, nama pelanggan. Lalu, jangan lupa pilih nama instansi PDAM yang sesuai dengan tempat di mana Anda tinggal. Terakhir, tekan “Simpan” dan tagihan PDAM akan ditampilkan di layar Anda.

Cara cek tagihan PDAM lewat HP ini hanya bisa dilakukan jika HP yang Anda gunakan adalah HP Android atau Smartphone.

Lihat Tagihan PDAM di Marketplace

Anda memiliki beberapa aplikasi matrketplace di HP Anda? Nah, Anda bisa buka marketplace Anda untuk melakukan cara cek tagihan PDAM lewat HP. Salah satu marketplace yang bisa Anda gunakan untuk cek tagihan air yaitu Shopee.

Caranya pun mudah. Anda tinggal masuk ke menu “Pulsa, Tagihan & Hiburan”. Selanjutnya, Anda bisa pilih “PDAM”. Di halaman berikutnya akan ditampilkan “Wilayah” dan “Nomor Pelanggan”. Input sesuai wilayah dan nomor pelanggan Anda. Lalu tekan “Lihat Tagihan”. Maka, di layar selanjutnya akan ditampilkan rincian tagihan PDAM Anda.

Cek Tagihan Air Anda Lewat ATM

Anda pengguna kartu ATM bisa melakukan cek tagihan PDAM melalui ATM. Adapun ATM yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan tagihan PDAM antara lain, ATM BCA, ATM Mandiri, ATM BRI, dan ATM BNI.

Untuk ATM BCA, cara cek tagihan PDAM bisa Anda lakukan dengan mengikuti langkah berikut.

Setelah kartu ATM Anda masukkan ke mesin ATM, tekan menu “Transaksi Lainnya” – lalu tekan “Pembayaran” – tekan “Layar Berikutnya” – input kode PDAM di wilayah Anda – input 7 digit terakhir ID Pelanggan Anda – kemudian akan muncul jumlah tagihan PDAM yang harus Anda bayar.

Untuk ATM BRI, cara cek tagihan air bisa Anda lakukan dengan mengikuti langkah berikut.

Masukkan kartu ATM Anda – tekan menu “Pembayaran” – lalu tekan “PDAM/PAM” – input kode PDAM daerah Anda – input ID Pelanggan Anda – kemudian layar akan menampilkan tagihan PDAM yang perlu Anda bayar.

Untuk ATM Mandiri, cek tagihan PDAM bisa Anda lakukan dengan cara berikut.

Masukkan kartu ATM – pergi ke menu “Bayar/Beli” – Piliha salah satu dari 4 pilihan yang sesuai dengan yang Anda gunakan (PAM, PDAM Kota, Aerta, atau PAM Palyja) – masukkan kode yang sesuai dengan PDAM di daerah Anda tinggal – input ID Pelanggan Anda – Layar akan menampilan rincian tagihan PDAM yang perlu Anda bayar.

Pengguna ATM BNI, Anda bisa melakukan cek tagihan PDAM dengan cara berikut.

Masukkan kartu ATM – tekan “Menu Lainnya” – tekan “Pembayaran” – tekan “Air Minum/PAM/PDAM” – lalu input kode area untuk PDAM daerah Anda – input ID Pelanggan Anda – layar akan menampilkan rincian tagihan PDAM Anda.