Awesome Image

Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid (baju batik) mengukuhkan Pengurus Dekopinwil DKI Jakarta periode 2020-2025 di Gedung Dekopinwil DKI Jakarta, Sabtu (7/11/2020).

Dekopinwil

PENGURUS DEKOPINWIL JAKARTA DIKUKUHKAN, NURDIN HALID PUJI LANGKAH CEPAT DAN TAKTIS FERRY JULIANTONO

Dekopin – Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid memuji langkah cepat dan taktis Ferry Juliantono selaku Ketua Dekopinwil DKI Jakarta. Selain efektif memerangi gangguan terhadap organisasi, Nurdin Halid melihat langkah-langkah progresif konstruktif Ferry Juliantono sebagai sinyal kuat dan positif dalam memajukan koperasi-koperasi di Ibu Kota.

 

Hal itu diungkapkan Nurdin Halid pada Acara Pengukuhan Pengurus dan Pembukaan Rapat Koordinasi Pimpinan Dekopinwil Provinsi DKI Jakarta, di Kantor Dekopinwil Provinsi DKI Jakarta Jl. Dharmawangsa Raya No. 18, Kebayoran Baru, Sabtu (7/11/2020). 

Acara pengukuhan dilakukan Nurdin Halid selaku Ketua Umum Dekopin periode 2020-2025 hasil Munas Dekopin pada 11- 14 November 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan. Dalam sambutannya, Nurdin Halid mengapresiasi Dekopinwil DKI Jakarta di bawah komando Pak Ferry Juliantono. Nurdin Halid menyebut beberapa langkah Ferry Juliantono yang patut diapresiasi, seperti DKI menggelar Muswil paling cepat dan sudah menggelar beberapa Musda. 

 

Gedung milik Dekopinwil DKI dalam waktu singkat sudah direnovasi dan dipercantik. “Dan hari ini, DKI melakukan rakor, ini adalah rakor pertama di antara semua Dekopinwil. Ini artinya, saya tidak salah pilih ketika mengizinkan Pak Ferry untuk merangkap jabatan sebagai wakil ketua umum Dekopin sekaligus ketua Dekopinwil di Ibu Kota Negara. Pak Ferry ini sangat agresif dan dinamis, kaya gagasan serta bekerja taktis dan terukur,” ujar Nurdin Halid. Gaya dan karakter Ferry Juliantono yang dinamis dan progresif tak lepas dari latar belakang politisi berdarah aktivis yang aktif memperjuangkan nasib buruh, petani, dan nelayan sejak awal tahun 2000. 

 

Dari belasan organisasi maupun berbagai kegiatan pelatihan dan seminar tingkat nasional dan internasional yang diikutinya, umumnya terkait dengan ketiga kelompok masyarakat tersebut. Bahkan disertasi penyandang gelar Doktor Bidang Sosiologi Universitas Indonesia (UI) ini terkait dengan nelayan, yaitu “Dinamika Relasi Agen-Struktur Dalam Reproduksi Kemiskinan Masyarakat Nelayan.” Nurdin Halid juga menggarisbawahi kepemimpinan dan kewibawaan sosok Ferry Juliantono. 

 

Mantan ketua umum PSSI itu mengatakan bahwa kehadiran dan dukungan penuh Pemprov DKI Jakarta dalam Muswil dan Musda-Musda di DKI Jakarta adalah pengakuan terhadap sosok dan kepemimpinan Ferry Juliantono. Dalam Muswil Dekopinwil awal Oktober lalu, hadir wakil gubernur Achmad Reza Patria dan pejabat yang mewakili Kapolda dan Pangdam Jaya. Dalam struktur kepengurusan yang dilantik pun, tampak sejumlah tokoh dan mantan pejabat, baik sipil maupun militer. 

 

Salah satunya Agus Muharam, mantan sekretaris Menteri Koperasi dan UKM. “Itu juga berimplikasi pada kewibawaan organisasi Dekopinwil sekaligus kekuatan besar yang akan menopang gerak langkah Dekopinwil ke depan dalam menghidupkan dan membesarkan koperasi-koperasi di Ibu Kota,” ujar Nurdin Halid, Wakil Ketua Umum Partai Golkar. Nurdin Halid mengakui menaruh harapan besar pada segenap jajaran pengurus Dekopinwil DKI yang dipimpin Ferry Juliantono. 

 

Selain seorang aktivis dan sarat pengalaman mengurus ekonomi rakyat, Nurdin Halid juga melihat Ferry Juliantono yang memiliki jaringan luas dan dukungan politik (ekonomi) yang kuat di tingkat nasional maupun daerah. 

 

Selain menjabat wakil ketua umum Dekopin dan ketua Dekopinwil DKI, Wakil ketua Umum Gerindra itu juga adalah Ketua Umum Induk Koperasi Pasar (Inkoppas) dan wakil ketua umum Partai Gerindra. “Di bawah pimpinan Pak Ferry, saya optimistis bahwa Koperasi-koperasi di DKI Jakarta akan mengalami lompatan besar di tahun-tahun mendatang,” kata Nurdin Halid.

Share: